PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN RELIGIUSITAS MAHASISWA TERHADAP KESADARAN PEMILIHAN PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI KASUS MAHASISWA INSTITUT AGAMAISLAM SYARIFUDDIN LUMAJANG)

FADILAH, RIF’AH (2023) PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN RELIGIUSITAS MAHASISWA TERHADAP KESADARAN PEMILIHAN PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI KASUS MAHASISWA INSTITUT AGAMAISLAM SYARIFUDDIN LUMAJANG). Diploma thesis, Institut Agama Islam Syarifuddin.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER Rif'ah Fadilah.pdf - Cover Image
Restricted to Registered users only until 1 December 2028.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (993kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I - RIFA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 December 2028.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (698kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II - RIFA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 December 2028.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (772kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III - RIFA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 December 2028.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (608kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV - RIFA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 December 2028.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (448kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V - RIFA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 December 2028.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - RIFA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 December 2028.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini konsumen muslim semakin sadar akankeberadaan makanan halal. Kesadaran konsumen muslimbukan hanya terkait bahwa suatu produk makanan adalahhalal. Kesadaran halal dapat sebagai memiliki minat atau pengalamankhusus atau memiliki informasi tentang makanan dan produk halal.Konsep halal dan haram sangat penting karenaberkaitan dengan tingkat keimanan seseorang.Islammemerintahkan umatnya yang beriman untuk mengkonsumsisegala sesuatu yang halal dan menjauhi segala sesuatu yangharam.
Adapun Perumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh variabel Produk pengetahuan terhadap kesadaran pemilihan produk makanan halal? 2) Apakah ada pengaruh variabel religiusitas terhadap kesadaran pemilihan produk makananan halal? 3) Variabel manakah yang lebih dominan berpengaruh antara variabel pengetahuan produk dan religiusitas terhadap kesadaran pemilihan produk makanan halal?.
Adapun penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuesioner dan dokumentasi.Adapun Analisa data menggunakan Regresi Linier Berganda dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 25.Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 90 respoden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kesadaran pemilihan produk makanan halal dimana t-hitung sebesar 10,957 > t-tabel 1,661 dengan taraf nilai signifikan lebih kecil dari pada nilai 0,05 atau 0,000 < 0,05. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. 2. Religiusitas berpengaruh posotif dan signifikan secara parsial terhadap kesadaran pemilihan produk makanan halal, dimana nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel, t-hitung sebesar (15,009) > t tabel (1,661), dengan taraf nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. 3.variabel yang lebih dominan antara penegtahuan produk dan religiusitas terhadap kesadaran pemilihan produk makanan halal yaitu variabel religiusitas yang lebih dominan terhadap variabel Y dengan hasil 0,649 dari pada variabel Pengetahuan produk (X1) sebesar 0,256.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Diriko Ahmad
Date Deposited: 18 Jul 2023 09:44
Last Modified: 18 Jul 2023 09:44
URI: http://repository.iaisyarifuddin.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item
View Item