Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Travel Umrah Di PT. Amanah Fadlilah Insan Lumajang

Junaedi, Junaedi and Risnaeni, Umi Suswati and Ishari, Nurhafid (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Travel Umrah Di PT. Amanah Fadlilah Insan Lumajang. IQTISHODUNA Jurnal Ekonomi Islam, 7 (2). ISSN ISSN (Cetak): 2252-5661 ISSN (Online): 2443-0056

[thumbnail of 291-325_Junaedi+dkk_Iqtishoduna+Vol.+7+No.+2+Oktober+2018.pdf] Text
291-325_Junaedi+dkk_Iqtishoduna+Vol.+7+No.+2+Oktober+2018.pdf

Download (367kB)

Abstract

Kepuasan pelanggan akan terbentuk jika dapat memenuhi harapan basis pelanggan. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, termasuk kualitas layanan dan harga. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, (2) menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan (3) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Amanah Fadlilah personel Lumajang. Populasi dalam penelitian ini adalah jamaah umrah tahun 2015 sampai dengan tahun 2017 di PT. Amanah Fadlilah Ihsan Lumajang. Sampel ditentukan dengan teknik sample area dengan jumlah 147 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier sederhana Y = 2,322+ 0,173 X1 + 0,742 X2. (1) Terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan secara parsial dengan nilai t = 2,831. (2) Terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen secara parsial dengan nilai t = 10,649. (3) Kualitas pelayanan dan harga secara keseluruhan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 55,8%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada PT. Amanah Fadlilah personel Lumajang. 831. (2) Terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan secara parsial dengan nilai t = 10,649. (3) Kualitas pelayanan dan harga secara keseluruhan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 55,8%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada PT. Amanah Fadlilah personel Lumajang. 831. (2) Terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan secara parsial dengan nilai t = 10,649. (3) Kualitas pelayanan dan harga secara keseluruhan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 55,8%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada PT. Amanah Fadlilah personel Lumajang.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mis Aisyah Siti
Date Deposited: 15 Jul 2023 05:45
Last Modified: 15 Jul 2023 05:45
URI: http://repository.iaisyarifuddin.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item
View Item