PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI SERBA USAHA (KSU) MADANI RANDUAGUNG KABUPATEN LUMAJANG

Nur Ida, Komariya (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI SERBA USAHA (KSU) MADANI RANDUAGUNG KABUPATEN LUMAJANG. Diploma thesis, Institut Agama Islam Syarifuddin.

[thumbnail of COVER SKRIPSI NUR AIDA] Text (COVER SKRIPSI NUR AIDA)
Cover Nur Aida.pdf - Cover Image
Restricted to Registered users only until 1 December 2028.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (382kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
Bab 1 Nur Aida.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 December 2028.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (547kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab 2 Nur Aida.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 December 2028.

Download (506kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab 3 Nur Aida.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 December 2028.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (529kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab 4 Nur Aida.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 December 2028.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (415kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab 5 Nur Aida.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 December 2028.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (361kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus Nur Aida.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 1 December 2028.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Loyalitas pelanggan atau anggota merupakan seseorang yang telah terbiasa
untuk membeli produk yang ditawarkan dan sering berinteraksi (melakukan
pembelian) selama jangka waktu tertentu, dengan tetap setia mengikuti setiap
penawaran yang ditawarkan perusahaan. Kepercayaan (trust) merupakan pondasi
dari suatu hubungan. Suatu hubungan antara dua pihak atau lebih akan terjadi
apabila masing-masing saling mempercayai. Kepercayaan ini tidak begitu saja
dapat diakui oleh pihak lain, melainkan harus dibangun mulai dari awal dan dapat
dibuktikan. Di dunia ekonomi, kepercayaan telah dipertimbangkan sebagai katalis
dalam berbagai transaksi antara penjual dan pembeli agar kepuasan konsumen ini
dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan. Menurut Kotler, kepuasan adalah
tingkat kepuasan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang
dirasakan dibandingkan dengan harapannya.
Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah; 1.Apakah berpengaruh
kepercayaan terhadap loyalitas anggota di Koperasi Serba Usaha (KSU) Madani?
2.Apakah berpengaruh kepuasan terhadap loyalitas anggota di Koperasi serba
Usaha (KSU) Madani? 3.Variabel mana yang paling dominan berpengaruh
terhadap loyalitas anggota di Koperasi Serba Usaha (KSU) Madani?
Adapun tujuan dari adanya penelitian ini adalah: 1.Untuk mengetahui
apakah berpengaruh kepercayaan terhadap loyalitas anggota Koperasi Serba
Usaha (KSU) Madani. 2.Untuk mengetahui apakah berpengaruh kepuasan
terhadap loyalitas anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) Madani. 3.Untuk
mengetahui variabel mana yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas
anggota di Koperasi Serba Usaha (KSU) Madani.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuisioner dan dokumentasi.
Adapun Analisa data menggunakan Regresi Linier Berganda dengan
menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)kepercayaan berpengaruh tapi
tidak signifikan terhadap loyalitas anggota, hal ini dibuktikan dengan nilai
signifikansi 0,091>0,05. 2)kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
vii
loyalitas anggota, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,00<0,05.
3)variabel kepuasan secara dominan berpengaruh terhadap loyalitas anggota, hal
ini dapat dibuktikan dengan melihat nilai beta pada hasil uji regresi linier
berganda dengan nilai 0,368 dan menunjukkan pengaruh sebesar 18,7% terhadap
loyalitas anggota di Koperasi Serba Usaha (KSU) Madani Randuagung Kabupaten
Lumajang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Diriko Ahmad
Date Deposited: 17 Jul 2023 11:08
Last Modified: 17 Jul 2023 11:08
URI: http://repository.iaisyarifuddin.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item
View Item